Derasnya Arus Migrasi Kian Jadi Masalah Serius di Dunia

Menlu Retno Marsudi di Universitas Pancasila, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, isu migrasi merupakan salah satu isu yang saat ini tengah menjadi masalah bagi beberapa negara. Isu ini pun telah berubah menjadi salah satu tantangan besar di dunia.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Isu migrasi, sekarang menjadi isu yang melekat bagi beberapa negara di dunia. Ribuan orang berjalan meninggalkan negaranya, salah satunya menuju Amerika Serikat. Padahal, mereka tahu kebijakan apa yang diadopsi AS," kata Retno dalam seminar internasional di Universitas Pancasila, Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Retno mengatakan, AS merupakan salah satu negara yang sangat ketat dengan kebijakan migrasi. Meski demikian, para migran tetap berjalan dan tidak menghitung berapa ratus kilometer yang harus dilalui. 

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Meski banyak orang bermigrasi dengan tujuan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, namun sebagian besar kegiatan imigrasi saat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keterpaksaan, instabilisasi politik di negara masing-masing, dan masalah ekonomi yang mendesak para migran keluar dari negaranya.

"Pushing factor di negara asal, memaksa mereka untuk keluar dari negaranya. Sekarang pushing factor lebih banyak karena politik, konflik, perang, instabilitas yang menyebabkan mereka keluar dari negaranya," ujar Retno.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Namun tak bisa dipungkiri, ada ketakutan dari beberapa negara terhadap arus imigrasi ireguler yang harus diterima oleh negara tertentu. Isu ini pun pada akhirnya menjadi momok politik bagi pemerintahan beberapa negara.

"Isu imigrasi terus menjadi isu politik di dalam negara mereka. Namun, imigrasi pasti akan tetap ada dan pada akhirnya harus ditangani bersama," kata dia. (asp)

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024