Derasnya Arus Migrasi Kian Jadi Masalah Serius di Dunia

Menlu Retno Marsudi di Universitas Pancasila, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, isu migrasi merupakan salah satu isu yang saat ini tengah menjadi masalah bagi beberapa negara. Isu ini pun telah berubah menjadi salah satu tantangan besar di dunia.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

"Isu migrasi, sekarang menjadi isu yang melekat bagi beberapa negara di dunia. Ribuan orang berjalan meninggalkan negaranya, salah satunya menuju Amerika Serikat. Padahal, mereka tahu kebijakan apa yang diadopsi AS," kata Retno dalam seminar internasional di Universitas Pancasila, Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Retno mengatakan, AS merupakan salah satu negara yang sangat ketat dengan kebijakan migrasi. Meski demikian, para migran tetap berjalan dan tidak menghitung berapa ratus kilometer yang harus dilalui. 

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Meski banyak orang bermigrasi dengan tujuan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, namun sebagian besar kegiatan imigrasi saat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keterpaksaan, instabilisasi politik di negara masing-masing, dan masalah ekonomi yang mendesak para migran keluar dari negaranya.

"Pushing factor di negara asal, memaksa mereka untuk keluar dari negaranya. Sekarang pushing factor lebih banyak karena politik, konflik, perang, instabilitas yang menyebabkan mereka keluar dari negaranya," ujar Retno.

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah

Namun tak bisa dipungkiri, ada ketakutan dari beberapa negara terhadap arus imigrasi ireguler yang harus diterima oleh negara tertentu. Isu ini pun pada akhirnya menjadi momok politik bagi pemerintahan beberapa negara.

"Isu imigrasi terus menjadi isu politik di dalam negara mereka. Namun, imigrasi pasti akan tetap ada dan pada akhirnya harus ditangani bersama," kata dia. (asp)

Jokowi pimpin rapat terbatas di istana

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan. Keduanya membahas kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024