China Dukung Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Palestina yang Merdeka

Suasana Disetujuinya Resolusi Yerusalem oleh PBB
Sumber :
  • Anadolu Agency/Abdulhamid Hosbas

VIVA – China menyuarakan dukungan atas kemerdekaan Palestina, sekaligus menyatakan akan mau mengakui Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina yang merdeka. Hal itu diketahui, sejalan dengan keinginan dan perjuangan Palestina untuk bebas dari okupasi Israel.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Juru bicara Kemenlu China dalam sebuah rilis pers baru-baru ini mengemukakan hal itu sebagaimana dilansir rt.com menyoal Palestina dan sikap China terhadap negara-negara Muslim.

Sementara itu, OKI dalam pertemuan di Istanbul belum lama ini juga menyuarakan hal senada dengan China. OKI juga mengecam keputusan Amerika Serikat, yang lebih dahulu mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"China sangat memahami soal pentingnya status Yerusalem bagi negara-negara Muslim," kata Juru bicara Kemlu China, Lu Kang.

Karena itu, kata dia, China sepakat dengan PBB untuk melakukan resolusi yang relevan sebagai konsensus internasional penyelesaian sengketa antara Palestina dan Israel. China juga mendorong dialog yang lebih banyak antara dua negara. 

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Diketahui bahwa hingga saat ini, status Yerusalem secara umum adalah status quo, walaupun PBB sebenarnya menganggap bahwa Yerusalem Timur akan bisa menjadi Ibu Kota Palestina dan pada akhirnya Yerusalem menjadi ibu kota bersama baik untuk Palestina maupun Israel.

PBB juga menyatakan, status itu tak akan berubah sekalipun Presiden AS Donald Trump dan sejumlah negara sudah mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. (asp)

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024