Logo BBC

Siapkan Shutdown Pemerintahan Bertahun-tahun, Trump Cuma Gertak?

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia bersiap untuk terjadinya `shutdown` atau tutupnya sebagian kantor dan lembaga pemerintah AS - selama bertahun-tahun.

Berbicara setelah bertemu dengan para politikus Demokrat, Trump juga mengatakan bahwa bisa saja dia mengumumkan keadaan darurat nasional untuk memotong jalur Kongres dalam membangun tembok perbatasan AS-Meksiko.

Trump menegaskan dia tidak akan menandatangani RUU apa pun yang tidak mencakup pendanaan pembangunan tembok perbatasan, yang ditentang keras oleh kalangan Demokrat.

Sekarang ini penutupan memasuki pekan ketiga. Sekitar 800.000 pegawai negeri pemerintah federal tidak mendapat gaji sejak 22 Desember.


Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, dan pemimpin partai Demokrat di Senat, Chuck Schumer, keluar dari West Wing, Gedung Putih - EPA

Presiden dari partai Republik itu awalnya memberikan ulasan positif tentang pertemuan Jumat di Gedung Putih, yang disebutkannya berlangsung `sangat produktif`.

Tetapi kemudian dalam tanya jawab dengan wartawan dia mengakui bahwa dia telah mengancam akan membiarkan penutupan lembaga-lembaga federal itu selama bertahun-tahun jika perlu.