Logo ABC

Usulan Brexit PM Inggris Kalah Pemungutan Suara di Parlemen

Setelah kekalahan dalam pemungutan suara, pihak oposisi akan mengajukan mosi tidak percaya terhadap pemerintahan PM Theresa May.
Setelah kekalahan dalam pemungutan suara, pihak oposisi akan mengajukan mosi tidak percaya terhadap pemerintahan PM Theresa May.
Sumber :
  • abc

Para anggota parlemen Inggris telah menolak paket usulan Brexit yang diajukan Perdana Menteri Theresa May dengan suara mayoritas terbesar dalam pemungutan suara yang pernah dilakukan parlemen.

Kekalahan usulan Brexit Kekalahan pemungutan suara atas usulan Brexit adalah yang terburuk sejak tahun 1920-an Pemimpin oposisi Jeremy Corbyn telah mengajukan mosi tidak percaya terhadap pemerintah Uni Eropa mengtakan semakin bersiap bagi adanya Brexit tanpa kesepakatan

Dengan itu, situasi menjadi tidak menentu mengenai bagaimana Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau bahkan menciptakan kemungkinan Inggris tetap berada di dalam Uni Eropa membalikkan keputusan yang diambil dalam referendum di tahun 2016.

Para anggota parlemen memberikan 432 suara menolak dengan 202 suara mendukung bagi usulan tersebut.

Sebelum pemungutan suara, PM May menyerukan kepada para politisi untuk mendukung usulan yang disampaikannya, atau akan membuat "rakyat Inggris kecewa."

Namun sekitar 118 anggota parlemen dari partainya sendiri, Partai Konservatif - baik mereka yang setuju maupun menentang untuk keluar dari Uni Eropa - menolak paket usulan Brexit tersebut.

An pro-Brexit demonstrator confronts police officers in Parliament square in London Seorang pendukung pro-Brexit berada di depan gedung Parlemen Inggris menunggu hasil pemungutan suara.