Logo BBC

Patung Iblis Dibikin Terkesan Riang Tuai Kecaman Publik

Patung setan yang dicemooh itu belum terpasang. - City of Segovia
Patung setan yang dicemooh itu belum terpasang. - City of Segovia
Sumber :
  • bbc

Sebuah patung setan yang direncanakan akan dipasang di kota Segovia, Spanyol, dikritik karena penampakannya jauh dari kesan menakutkan dan justru terlalu riang dan ramah.

Patung perunggu itu dibuat berdasarkan legenda setempat, yang menyebutkan bahwa iblis terperdaya sehingga membangun saluran air terkenal di kota itu.

Namun penduduk setempat mengatakan bahwa setan yang tampak tersenyum dan tengah berswafoto dengan ponselnya, terlihat terlalu ramah.

Seniman yang membuat patung tersebut mengatakan kepada BBC News bahwa ia terkejut dengan tingkat kritik yang diarahkan pada karyanya itu.

Kini pengadilan memerintahkan agar pemasangan karya itu ditunda sembari mengkaji apakah karya itu menyinggung umat Kristen.

Setidaknya dari 5.400 orang - lebih dari 10% jumlah penduduk di kota itu telah menandatangani petisi yang menyerukan agar pemasangan patung itu dibatalkan.

Dalam petisi itu disebutkan, patung setan itu ditampilkan dengan wajah yang `periang`, dengan telepon genggam di tangannya, dan itu sama artinya dengan `memuliakan kejahatan` dan karenanya `menyinggung umat Katolik`.