Logo BBC

Bom Gereja Filipina: Polisi Sebut 5 Tersangka Serahkan Diri

Aparat keamanan Filipina mengamankan lokasi ledakan bom bunuh diri di Gereja Katolik. - NICKEE BUTLANGAN/AFP/Getty Images
Aparat keamanan Filipina mengamankan lokasi ledakan bom bunuh diri di Gereja Katolik. - NICKEE BUTLANGAN/AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Lima anggota kelompok milisi Abu Sayyaf yang diyakini berada di balik dua serangan bom terhadap sebuah gereja Katolik di Jolo, Filipina selatan, telah menyerahkan diri, sebut kepala kepolisian Filipina.

Kammah Pae, alias Kamah, merupakan salah seorang dari lima sosok tersebut. Kepolisian Filipina menduga petinggi Abu Sayyaf tersebut turut membantu dua pelaku penyerangan yang disebut aparat Filipina merupakan pasangan suami istri berkewarganegaraan Indonesia.

Menurut Kepala Kepolisian Filipina, Jenderal Oscar Albayalde, Kamah dan empat rekannya terpaksa menyerahkan diri agar tidak tewas dalam operasi gabungan militer-polisi setelah pengeboman.

"Dia terpaksa menyerah. Dia mungkin tidak ingin mati dalam serangan militer," kata Albayalde kepada wartawan, sebagaimana dikutip harian Filipina, the Inquirer.

Aparat Filipina menyatakan telah menewaskan tiga anggota Abu Sayyaf dan, sebaliknya, kehilangan lima personel dalam operasi pengejaran di Sulu, Filipina selatan.

Albayalde mengatakan kelima tersangka yang menyerahkan diri merupakan anggota Ajang-Ajang, kelompok sempalan di tubuh Abu Sayyaf beranggotakan 22 orang.

Kelompok Ajang-Ajang ini dipimpin oleh Hatib Hajan Sawadjaan yang diyakini bertanggung jawab atas dua serangan bom terhadap gereja di Jolo yang menewaskan 23 orang dan mencederai hampir 100 lainnya.