Logo BBC

Diusir dari Israel, Warga Niger Terkatung-katung Tiga Bulan di Bandara

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Seorang warga negara Niger yang diusir dari Israel telah terdampar di bandara internasional di Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa, sejak bulan November karena negara asalnya menolak dirinya untuk kembali.

"Saya tinggal di bandara dalam keadaan yang sangat buruk karena tidak ada apa pun," kata Eissa Muhamad, 24, kepada BBC.

Rangkaian kemalangan Muhamad dimulai pada April 2018 lalu ketika dirinya ditangkap pihak berwenang Israel karena berada di negara itu tanpa berbekal dokumen resmi.

Dia tinggal di negara itu sejak 2011, setelah meninggalkan daerah Tilaberi, Niger timur laut, saat berumur 16 tahun untuk memperbaiki taraf hidupnya.

Muhamad mengatakan dirinya membayar pedagang manusia yang membawanya melintasi Libia dan Mesir sebelum memasuki Israel dengan berjalan kaki.

Begitu tiba di Tel Aviv, Muhamad bertahan hidup dengan melakukan berbagai pekerjaan di hostel dan pabrik permen sampai bulan April 2018 ketika dia ditangkap karena berada di Israel tanpa dokumen sah.

Setelah beberapa bulan berada di penjara, Israel mengeluarkan dokumen perjalanan darurat dan menempatkannya di pesawat Ethiopian Airlines ke Niger, lewat Addis Ababa pada bulan November.