Logo ABC

Kebun Binatang Melbourne Setop Jual Cokelat Cadbury, Kenapa

Cadbury dan Natural Confectionery Company gagal mengungkapkan asal dari kelapa sawitnya.
Cadbury dan Natural Confectionery Company gagal mengungkapkan asal dari kelapa sawitnya.
Sumber :
  • abc

Cokelat Cadbury dan permen yang diproduksi oleh Natural Confectionery Company tidak lagi dijajakan di lingkungan Kebun Binatang Melbourne.

Direktur eksekutif Kebun Binatang Victoria, Dr Jenny Gray mengatakan, pihaknya membuat keputusan ini setelah perusahaan induk Cadbury dan Natural Confectionery Company, Mondelez, gagal mengungkapkan dari mana asal minyak sawit yang digunakan dalam produk-produknya.

"Mereka tidak berkomitmen terhadap minyak sawit yang bersertifikat berkelanjutan dan kita tidak bisa terus menjual produk-produk itu dengan kekhawatiran ini," katanya.

"Kami benar-benar serius tentang kewajiban pelabelan ini."

Produksi minyak sawit telah menghancurkan habitat hewan langka dan terancam punah termasuk orangutan, harimau, siamang dan gajah.

Sejumlah cuplikan gambar tentang orangutan yang nampak terdesak dari habitatnya oleh alat berat di Indonesia menjadi viral di media sosial Juni lalu, dan langsung menempatkan masalah operasional minyak sawit ilegal kembali menjadi sorotan.

Tahun lalu, Kebun Binatang Victoria juga telah menyingkirkan Nestle dari kios dan gerobak makanannya di Melbourne, Werribee, dan Healesville setelah perusahaan tersebut diskors dari sebuah organisasi yang mempromosikan penggunaan minyak sawit berkelanjutan.