Logo BBC

Sulitnya Pembelot Korea Utara Bisa Berkomunikasi di Korea Selatan

Para pembaca di kedua negara Korea mendapati versi bahasa mereka yang berbeda. - AFP/Getty Images
Para pembaca di kedua negara Korea mendapati versi bahasa mereka yang berbeda. - AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Para pembelot Korea Utara yang mempertaruhkan nyawa mereka dengan melarikan diri ke Korea Selatan menghadapi kemungkinan dianggap sebagai orang asing di tempat baru, karena perbedaan antara versi bahasa Korea Utara dan Selatan.

Biasanya, mempertaruhkan nyawa dengan melarikan diri dari perbatasan Korea Utara dengan Cina - yang memiliki kebijakan untuk menyerahkan para pengungsi yang masa depannya tidak pasti di Korea Utara - para pembelot tersebut seringkali kebingungan saat tiba di Korea Selatan karena harus berhadapan dengan persoalan pajak, menjadi tunawisma dan sewa rumah, konsep-konsep asing di Utara di mana pemerintah menguasai semua.

Hal ini dikarenakan bahasa Korea telah berevolusi mengikuti jalur yang berbeda secara drastis sejak pemisahan pasca-Perang Dunia II di Semenanjung Korea.

Kondisi negara Korea Utara yang tertutup menjadikan bahasa mereka hanya mengalami sedikit perubahan, sementara Korea Selatan memiliki berbagai versi bahasa yang berkembang pesat karena terpapar budaya dan teknologi luar.

Menghadapi diskriminasi dan kesulitan karena kendala bahasa, pembelot beralih ke opsi baru. Aplikasi terjemahan Utara-Selatan berupaya membantu menjembatani kesenjangan antara dua jalur bahasa Korea yang berbeda, sementara kamus bahasa Korea yang luas dan terpadu sedang dikembangkan.

Perbedaan Utara-Selatan

Karena budaya dan politiknya yang terisolir, sejumlah kata dalam bahasa Korea Utara sebagian besar diciptakan sendiri ketika diperlukan. Sementara itu, Korea Selatan beralih ke budaya Barat untuk memperoleh banyak kata-kata baru.

Ini berarti para pembelot berhadapan dengan kosa kata baru yang mungkin membuat mereka merasa tidak pada tempatnya. Aksen Utara mereka yang dikenali juga bisa membuat mereka merasa seperti orang luar.