Logo BBC

Apa Saja Kebijakan PM Selandia Baru Ardern Usai Teror di Dua Masjid

Perdana Menteri Jacinda Ardern memeluk seorang jemaah masjid di Masjid Kilbirnie (17/3) di Wellington, Selandia Baru. - Hagen Hopkins/Getty Images
Perdana Menteri Jacinda Ardern memeluk seorang jemaah masjid di Masjid Kilbirnie (17/3) di Wellington, Selandia Baru. - Hagen Hopkins/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Beberapa keputusan dan tindakan yang diambil oleh Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyusul terjadinya penembakan di dua masjid di Christchurch mendapat sambutan positif dari media dan warganet.

Yang terbaru adalah keputusan Selandia Baru untuk melarang semua jenis senjata semi-otomatis seperti yang digunakan dalam penembakan masjid di Christchurch.

Aturan senjata api di Selandia Baru tersebut menjadi sorotan sejak seorang pria bersenjata membunuh 50 orang di dua masjid, Jumat lalu (15/03). Menurut PM Ardern, dia berharap undang-undang baru itu mulai berlaku pada 11 April.

Selain pelarangan senjata api tersebut, ada beberapa langkah dan tindakan PM Ardern lain yang mendapat sorotan dari media dan warganet.

1. Tidak menyebut nama pelaku penembakan

Jacinda Ardern bersumpah tidak akan pernah menyebut nama pria bersenjata yang melakukan serangan di masjid di Kota Christchurch.

"Dia mencari banyak hal dari tindakan terornya, termasuk agar menjadi terkenal - itulah sebabnya Anda tidak akan pernah mendengar saya menyebutkan namanya," kata Ardern dalam pidato yang emosional di gedung parlemen Selandia Baru, pada Selasa (19/3).