Logo ABC

Azan Salat Jumat Berkumandang di Seantero Selandia Baru

Suasana salat Jumat di Kota Christchurch, 22 Maret 2019, sepekan setelah penembakan massal terhadap jamaah dua masjid di kota itu.
Suasana salat Jumat di Kota Christchurch, 22 Maret 2019, sepekan setelah penembakan massal terhadap jamaah dua masjid di kota itu.
Sumber :
  • abc

Tepat Pukul 1:30 siang waktu setempat, azan salat Jumat 22 Maret 2019 berkumandang di lapangan Hagley Park, Kota Christchurch. Stasiun TV dan radio nasional TVNZ dan RNZ menyiarkannya secara langsung ke seluruh pelosok Selandia Baru.

Salat Jumat di Christchurch: Salat Jumat di lapangan depan masjid Al Noor Christchurch disiarkan langsung oleh berbagai stasiun TV dan radio Selandia Baru. Khatib menyampaikan terima kasih kepada Pedana Menteri Jacinda Ardern dan masyarakat Selandia Baru atas solidaritas dan kepedulian mereka. Usai salat akan disusul dengan pemakaman massal para korban serangan teror

Ribuan jamaah salat Jumat hadir di lokasi yang berseberangan dengan Masjid Al Noor, salah satu dari masjid yang jadi sasaran serangan teroris pekan lalu.

Tampak hadir Perdana Menteri Jacinda Ardern, tokoh masyarakat Selandia Baru, serta tokoh lainnya dari berbagai negara.

Setelah azan pertama, kemudian diikuti mengheningkan cipta selama sekitar dua menit. Lalu, diikuti dengan azan kedua sebelum khatib membacakan khutbah.

Dalam khutbahnya, khatib Gamal Fouda menyatakan serangan teror telah menghancurkan hati umat Islam dan warga Selandia Baru umumnya.

"Hati kita hancur namun kita tidak hancur. Kita hidup. Kita bersatu, kita bertekad tak membiarkan siapapun memecah belah kita," kata imam Masjid Al Noor ini.