Logo ABC

Partai Pro Militer Palang Pracharat di Thailand Unggul di Pemilu 2019

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha memberikan suara di TPS di Bangkok, dan partai pro-militer untuk sementara mendapatka suara terbanyak.
Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha memberikan suara di TPS di Bangkok, dan partai pro-militer untuk sementara mendapatka suara terbanyak.
Sumber :
  • abc

Di Thailand sebuah partai pro-militer Palang Pracharat sementara unggul dalam penghitungan suara dalam pemilu yang diselenggarakan pertama kalinya sejak kudeta militer di tahun 2014.

Hasil pemilu Thailand Sekitar 51 juta warga Thailand berhak memilih dalam pemilu pertama sejak kudeta militer. Namun pemilih yang datang turun 10 persen dibandingkan pemilu di tahun 2011 Pengumuman hasil resmi ditunda sampai hari Senin sore

Dengan 93 persen suara sudah dhitung, Komisi Pemilu Thailand mengatakan partai Palang Pracharat yang berusaha mempertahankan kekuasaan kepala junta militer Prayuth Chan-ocha tetap berkuasa mendapat suara 7,59 juta.

Di tempat kedua dengan 7,12 juta suara adalah partai Pheu Thai, partai yang memiliki hubungan dengann mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra, dimana partai yang bertalian dengan Thaksin sudah memenangkan pemilu berturut-turut sejak tahun 2001.

Partai ini mendapatkan 15,7 juta suara dalam pemilu sebelumnya di tahun 2011.

Pheu Thai party leader Sudarat Keyuraphan speaks wearing a white jacket surrounded by microphones and press. Ketua partai Pheu Thai Sudarat Keyuraphan berbicara dengan media setelah memberikan suara di TPS di Bangkok hari Minggu.

AP: Sakchai Lalit