Pameran Foto RI di Markas PBB, Menlu Retno Usung Nilai Perdamaian

Menlu Retno Marsudi di Pembukaan pameran foto di New York
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan soal menjaga dan merawat perdamaian saat menghadiri acara pembukaan pameran foto bertajuk “Menabur Benih Perdamaian” atau “Investing in Peace” yang diselenggarakan dalam rangka Presidensi Indonesia pada Dewan Keamanan PBB, di New York, Amerika Serikat, 6 Mei 2019. Per Mei 2019, Indonesia mendapatkan kehormatan dan terpilih menjadi ketua DK PBB untuk periode ini.
 
Dikutip dari keterangan pers Kemlu RI, pameran foto ini bertujuan menampilkan berbagai upaya nyata Indonesia dalam melakukan kegiatan bina damai di berbagai negara sebagai bagian dari diplomasi Indonesia lima tahun terakhir ini.
 
Pada pembukaan pameran foto, menlu RI menyampaikan bahwa bagi Indonesia, perdamaian bukan hanya ditandai dengan tidak adanya perang, namun juga kondisi adanya demokrasi, hak asasi manusia (HAM), dan pembangunan sama-sama ditegakkan. Perwujudan perdamaian hanya dapat diraih dengan upaya nyata untuk membangun dan memeliharanya.
 
Berdasarkan prinsip itu, diplomasi kemanusiaan dan kerja sama pembangunan yang dijalankan oleh Kementerian Luar Negeri selama ini diarahkan untuk hasil nyata. Pesan itu yang coba disampaikan melalui berbagai foto yang dipamerkan.
 
Pameran foto dalam rangka Presidensi Indonesia pada DK-PBB ini menampilkan dokumentasi atas tiga bentuk kontribusi Indonesia bagi perdamaian dunia. Tiga hal itu, pertama demokrasi dan bina damai, kedua, peranan perempuan sebagai agen perubahan dan perdamaian. Yang ketiga, kerja sama pembangunan.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Kegiatan pameran foto antara lain menunjukkan kontribusi pasukan pemelihara perdamaian perempuan Indonesia, bantuan pelatihan Indonesia bagi negara-negara Pasifik, Afrika dan Palestina, bantuan kemanusiaan Indonesia di Myanmar, dan sebagainya.
 
Pameran foto yang terpasang pada dinding South Wall gedung markas besar PBB di New York ini akan berlangsung selama dua pekan, 6 hingga 17 Mei 2019. Turut hadir pada resepsi pembukaan pameran foto ini antara lain duta besar/wakil tetap negara sahabat negara anggota PBB, anggota DK-PBB dan ASEAN.

Laporan: kontributor tvOne Amerika Serikat

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya
Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024