Protes Massa Merebak Usai KPU Turki Rencanakan Pemilu Ulang Istanbul - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 7 Mei 2019 | 13:38 WIB

Protes Massa Merebak Usai KPU Turki Rencanakan Pemilu Ulang Istanbul

Di pemilu lokal di Istanbul, Partai AK yang mengusung Erdogan, kalah.
Travel Istanbul
Photo :
  • facebook.com/GoTurkey

Travel Istanbul

VIVA – Protes massa disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum Turki, lantaran memerintahkan pemilihan suara ulang di pemilihan di Istanbul, setelah kemenangan pihak oposisi pada pemilu lokal Maret 2019 lalu.

Dilansir laman BBC, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Partai AK mengklaim adanya dugaan pelanggaran, kecurangan hingga indikasi korupsi atas kemenangan tipis partai oposisi CHP atau Partai CH di pemilu lokal tersebut.

Namun, tokoh CHP, Ekrem Imamoglu yang naik menjadi Wali Kota Istanbul pada bulan lalu, setelah menang pemilu menyatakan tuduhan tersebut sangat jahat. Karena itu, rencana akan adanya pemilihan yang kembali akan diadakan pada 23 Juni 2019 mendatang, kini menuai kecaman dan protes dari masyarakat setempat.

Ratusan orang mulai berkumpul di sejumlah distrik di Istanbul sejak Senin kemarin, menyerukan slogan anti terhadap pemerintah.

Sementara itu, Parlemen Eropa juga menyatakan bahwa adanya keputusan untuk melangsungkan kembali pemilu di Istanbul, akan menggoyang kredibilitas demokrasi pemilu di Turki.

Badan Pemenangan Partai AK, Recep Ozel menyatakan, pihaknya mendorong adanya pemilu ulang, lantaran petugas pemilu diketahui bukan pegawai negara dan sebagian dokumentasi hasil pemilu tak ditandatangani.

Namun, Wakil Ketua Umum CHP, Onursal Adiguzel mengatakan, pemilihan ulang yang didesak dilakukan menunjukkan seakan-akan kemenangan melawan Partai AKP diartikan ilegal. (asp)

loading...
Muat Lainnya...