Logo BBC

Krisis Venezuela: Mengapa Rusia dan AS Tertarik dengan Negara ini?

Vladimir Putin dan Donald Trump berbincang soal Venezuela.-Getty Images
Vladimir Putin dan Donald Trump berbincang soal Venezuela.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Venezuela akhir-akhir ini menjadi sangat menarik bagi Amerika Serikat dan Rusia.

Pendekatan berbeda yang dilakukan pemerintah di Washington DC dan Moskow selama sepekan terakhir terhadap negara di Amerika Selatan itu menambah pelik situasi.

Setelah pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, gagal mengguggah aksi rakyat, Rusia menuduh AS mencampuri urusan dalam negeri Venezuela dan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Hal serupa juga dituduhkan AS terhadap Rusia.

` Dijepit ` dua negara adidaya

"Kita telah sampai pada satu titik di mana situasi di Venezuela telah terbagi menjadi rivalitas antara Maduro dan Guaido. Kini rivalitasnya nampak antara Rusia versus AS," kata James Dobbins, analis RAND Corporation, lembaga kajian kebijakan global, kepada BBC.


Rusia mengirim dua pesawat supersonik pengebom ke Venezuela sebagai bagian dari latihan militer gabungan pada Desember lalu. Langkah ini dipandang sebagai wujud sokongan terhadap Maduro. - Getty Images

Bagi banyak pengamat, situasi ini mirip seperti era Perang Dingin di Amerika Latin tatkala Kuba terjepit di antara dua negara adidaya.

Namun, mengapa sekarang Venezuela?

Tidak ada jawaban sederhana. Kepentingan ekoomi dan politik telah berbaur dengan kepentingan-kepentingan yang melampaui krisis Venezuela.