Logo ABC

Kasus Demam Berdarah di Australia Picu Peringatan Wabah

Nyamuk Aedes aegypti
Nyamuk Aedes aegypti
Sumber :
  • abc

Pihak berwenang di kota Rockhampton (Queensland) sedang melakukan usaha menanggulangi kasus demam berdarah setelah munculnya kasus gigitan nyamuk lokal yang pertama kalinya terjadi selama beberapa puluh tahun terakhir.

Para petugas di kota yang terletak 615 km dari Ibu Kota Queensland Brisbane tersebut hari ini akan mendatangi semua rumah di sekitar pasien yang terpapar demam berdarah tersebut guna memperingatkan warga setempat agar mengambil tindakan pencegahan.

Selama bila ada kasus demam berdarah di sana, mereka yang terkena mendapat gigitan dari tempat lain dan baru menderita setelah berada di sana.

Wali Kota Rockhampton Margaret Strelow mengatakan pihak berwenang setempat dengan serius memperhatikan masalah tersebut.

"Mereka akan mulai dengan rumah yang ditemukan kasus, rumah yang terkena dampak dan kemudian bekerja dalam lingkaran terkonsentrasi," kata Strelow.

"Seperti yang saya pahami, tidak perlu nyamuk dalam jumlah besar untuk menjadi kasus - yang mungkin merupakan masalah besar dalam hal ini - tetapi kami percaya pasti ini kasus pertama di mana pasien terkena gigitan nyamuk lokal."

Direktur Unit Kesehatan Masyarakat Queensland Tengah, Dr Gulam Khandaker mengatakan orang itu digigit nyamuk Aedes aegypti setempat, yang bisa menularkan penyakit ini.