Kim Jong-un Eksekusi Mati Utusan Khusus untuk AS

Kim Jong Un rangkul anak-anak di sebuah perayaan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Korea Utara mengeksekusi Kim Hyok-chol, yang merupakan utusan khusus untuk Amerika Serikat, dan pejabat Kementerian Luar Negeri yang melakukan negosiasi untuk Konferensi Tingkat Tinggi kedua AS-Korut di Vietnam pada Februari lalu.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Kim dieksekusi, lantaran dituduh menjadi penyebab gagalnya pertemuan tersebut. Kim Hyok-chol telah menjadi mitra negosiasi dengan perwakilan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, sebelum KTT.

Kim, seorang pejabat senior yang telah menjadi mitra Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo jelang pertemuan puncak antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un,

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Dilansir dari SCMP, Jumat 31 Mei 2019, surat kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo melaporkan bahwa Kim Jong-un diyakini melakukan eksekusi besar-besaran untuk mengalihkan perhatian dari kekacauan dan ketidakpuasan internal.

"Kim Hyok-chol diselidiki dan dieksekusi di Bandara Mirim bersama dengan empat pejabat Kementerian Luar Negeri pada bulan Maret," kata sumber Korea Utara, yang tidak disebutkan namanya, seperti dilaporkan Chosun Ilbo.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Mereka juga dituduh melakukan mata-mata untuk Amerika Serikat. Shin Hye-yong, juru bahasa untuk Kim Jong-un pada saat KTT Hanoi, juga diduga telah ditahan di kamp penjara politik, karena merusak otoritas Kim Jong-un dengan membuat kesalahan interpretasi yang cukup fatal.

Surat kabar pemerintah Korea Utara, Rodong Sinmun mengatakan, dalam sebuah komentar pada hari Kamis kemarin.

"bertingkah seperti seseorang memuja pemimpin di depan [orang lain] tetapi memimpikan hal lain ketika seseorang berbalik, adalah tindakan anti-partai, anti-revolusi yang telah membuang kesetiaan moral terhadap pemimpin, dan orang-orang semacam itu tidak bisa menghindar dari penilaian keras revolusi." (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya