Logo BBC

Krisis Timur Tengah: UEA Sebut Negara Aktor Penyerang Kapal Tanker

Kapal Al-Marzoqah merupakan salah satu dari empat kapal yang mengalami kerusakan dalam peristiwa "sabotase kapal". - AFP
Kapal Al-Marzoqah merupakan salah satu dari empat kapal yang mengalami kerusakan dalam peristiwa "sabotase kapal". - AFP
Sumber :
  • bbc

Uni Emirat Arab mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa aktor negara kemungkinan besar berada di balik serangan terhadap empat kapal minyak di perairannya pada 12 Mei 2019 lalu.

Uni Emirat Arab tidak menyebut aktor negara yang dimaksud berada di balik aksi yang sebelumnya disebut sebagai serangan sabotase.

Sejauh ini Amerika Serikat menuduh Iran berada di balik serangan dua kapal minyak dari Arab Saudi, satu kapal berbendera Uni Emirat Arab (UEA) dan satu kapal Norwegia itu tapi pemerintah Iran membantah tegas tuduhan itu dan justru menyerukan perlunya penyelidikan.

Serangan pada tanggal 12 Mei lalu terjadi di perairan Uni Emirat Arab di timur Fujairah, tak jauh dari selat Hormuz yang strategis.

Peristiwa tersebut memperburuk ketegangan yang sudah berlangsung lama antara Iran, Amerika Serikat beserta sekutu-sekutunya di kawasan Teluk.

Apa isi laporan Uni Emirat Arab?

Uni Emirat Arab memimpin penyelidikan dalam kasus serangan terhadap kapal minyak di wilayah perairannya dan menyampaikan hasil penyelidikan kepada Dewan Keamanan PBB dalam rapat tertutup di New York, Kamis (06/06).