Gelombang Panas Landa Eropa, Suhu di Prancis Hingga 45 Derajat Celcius

Kota Paris
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA – Negara-negara di Eropa akan mengalami gelombang panas pada awal musim yang berpotensi mematikan dalam minggu ini. Padahal biasanya catatan suhu tertinggi nasional  ditetapkan tiap akhir Juli 2019 atau Agustus 2019.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Para ahli meteorologi memperkirakan suhu panas akan melanda beberapa negara seperti Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Prancis, Jerman, Luksemburg, Belanda dan Swiss. Bahkan diperkirakan beberapa negara ini akan mencatat suhu paling tinggi sepanjang masa.

Badan Prancis mencatat Météo-Prancis sekarang memprediksi puncak suhu panas akan mencapai 45 derajat Celcius (113 F) di kota-kota selatan Nîmes dan Carpentras pada hari Jumat.

Eropa Siapkan Proyek Gerhana Matahari Buatan, Buat Apa?

Suhu tertinggi bulan Juni yang sebelumnya pernah tercatat adalah Prancis, dengan suhu 41,5 derajat Celcius pada 21 Juni 2003. Suhu tertinggi negara itu yang tercatat di dua lokasi terpisah di Pranxis selatan pada 12 Agustus selama gelombang panas tahun 2003 yaitu 44,1 derajat Celcius.

Dilansir dari The Guardian, temperatur tinggi diperkirakan akan naik lebih tinggi sepanjang minggu dari Spanyol hingga Republik Ceko karena kombinasi badai yang berhenti di Atlantik dan tekanan tinggi di Eropa tengah menarik udara yang sangat panas ke utara dari Sahara.

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Para ilmuwan mengatakan, gelombang panas bisa sangat berbahaya ketika terjadi pada awal musim panas sebelum orang menyesuaikan diri dengan suhu musiman. Gelombang panas Eropa tahun 2003 mengakibatkan kematian prematur sekitar 70.000 orang.

Menteri kesehatan Prancis, Agnès Buzyn mengatakan, negara itu lebih siap daripada gelombang panas 2003 ketika 15.000 lebih orang meninggal dibandingkan pada musim panas normal.

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024