Logo BBC

Mengapa Perusahaan Kereta Api Belanda Bayar Kompensasi Korban Holokos?

- JANEK SKARZYNSKI/AFP/Getty Images
- JANEK SKARZYNSKI/AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Perusahaan kereta api milik pemerintah Belanda, NS, mengatakan akan membayar puluhan juta euro sebagai kompensasi kepada para korban Holokos dan keluarganya.

Perusahaan kereta api ini meraup keuntungan hingga jutaan Euro, jika menggunakan kurs sekarang, dengan mengangkut para keluarga Yahudi menuju kamp transit Nazi saat Perang Dunia Kedua.

Sekitar 107.000 orang Yahudi dibawa ke Westerbork dan dideportasi, terutama ke kamp kematian di Auschwitz dan Sobibor. Hanya 5.000 orang yang selamat.

NS mengatakan proses deportasi itu merupakan "halaman hitam dalam sejarah perusahaan".

Mereka meminta maaf pada 2005 atas perannya dalam membantu Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua, tetapi mereka hanya membentuk komisi untuk memutuskan berapa yang harus dibayar pada November tahun lalu.

Keputusan perusahaan kereta api Belanda untuk "belajar, menghormati, dan mengingat secara abadi" mengikuti kampanye Salo Muller, yang orangtuanya dibunuh di Auschwitz.

"Diperkirakan beberapa ribu orang memenuhi syarat untuk menerima tunjangan itu, termasuk sekitar 500 orang yang selamat. NS akan menyisihkan beberapa puluh juta euro untuk kebijkana ini di tahun-tahun mendatang," kata NS dalam pernyataannya.