Logo BBC

Kebakaran Tewaskan 14 Orang di Kapal Selam Penelitian Angkatan Laut

Dalam foto yang diambil tanggal 2 Juli 2019, sebuah kapal selam tampak di Severomorsk, Rusia - KSENIYA GAPONKO/AFP/Getty Images
Dalam foto yang diambil tanggal 2 Juli 2019, sebuah kapal selam tampak di Severomorsk, Rusia - KSENIYA GAPONKO/AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Kebakaran yang melalap kapal selam penelitian milik Angkatan Laut (AL) Rusia menewaskan 14 kru kapal, menurut keterangan menteri pertahanan Rusia.

Para awak keracunan asap kebakaran kala kapal selam itu tengah melakukan pengukuran kawasan perairan Rusia hari Senin (01/07) lalu.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak memberi rincian terkait jenis kapal selam yang ditumpangi. Namun sebuah media Rusia melaporkan bahwa kapal yang digunakan merupakan kapal selam mini bertenaga nuklir yang digunakan untuk operasi khusus.

Api berhasil dipadamkan dan kini kapal selam tersebut berada di Severomorsk, markas utama Armada AL Rusia bagian Utara.

Kementerian juga tidak menyebutkan berapa banyak kru yang menumpangi kapal selam ketika kebakaran terjadi. Laporan media setempat menyatakan beberapa anggota kru terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Penyelidikan kecelakaan itu telah dimulai di bawah arahan panglima AL Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari Selasa (02/07), membatalkan jadwalnya untuk menghadiri sebuah acara di daerah Tver, barat laut Moskow, untuk membahas masalah tersebut dengan Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu.