Logo BBC

Boeing Berikan Rp1,4 triliun untuk Keluarga Korban Jatuh 737 Max

All 157 passengers and crew were killed when flight ET302 went down shortly after take-off - Getty Images
All 157 passengers and crew were killed when flight ET302 went down shortly after take-off - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Boeing memberikan uang sebesar US$100 juta, atau sekitar Rp1,4 triliun untuk membantu keluarga korban jatuhnya pesawat 737 Max di Indonesia dan Ethiopia.

Pembayaran uang bantuan, yang akan dilakukan secara bertahap selama beberapa tahun, terpisah dari tuntutan hukum yang diajukan terkait kecelakaan pesawat Boeing yang secara total menewaskan 346 orang.

Menurut Boeing, uang tersebut ditujukan untuk mendukung program pendidikan, biaya hidup serta kegiatan komunitas keluarga korban. Pengacara keluarga korban menolak pemberian tersebut.

Kecelakaan Ethiopian Airlines ET302 Maret lalu adalah kecelakaan fatal kedua yang melibatkan pesawat Boeing 737 Max dalam rentang lima bulan dari kejadian pertama. Pesawat serupa yang dimiliki maskapai Indonesia, Lion Air, jatuh ke perairan Jakarta pada Oktober 2018.

Para penyelidik kecelakaan menyoroti masalah pada sistem kendali pesawat dan Boeing pun telah bekerja sama dengan otoritas terkait untuk melakukan perbaikan peranti lunak.

Pesawat 737 Max yang sejatinya merupakan pesawat terlaku Boeing, dilarang terbang di seluruh dunia sejak bulan Maret lalu, tanpa kepastian waktu kapan pesawat tersebut dapat kembali mengudara.

Dalam pernyataannya pada hari Rabu (3/7), Boeing mengatakan bahwa "dana tersebut akan mendukung pendidikan, (meringankan) penderitaan dan biaya hidup keluarga terdampak, kegiatan komunitas, serta perkembangan ekonomi bagi mereka yang terdampak."