Kapal-kapal Kecil Iran 'Serbu' Tankernya, AL Inggris Turun Tangan

Peta Iran
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Kapal-kapal Iran yang dilengkapi dengan senjata dilaporkan mencoba menyadap kapal tanker milik Inggris saat berlayar di selat Hormuz hingga akhirnya kapal tanker itu harus diambil alih dan diamankan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Pemberitaan media yang mengutip sumber resmi otoritas Amerika Serikat dilansir laman BBC menyatakan bahwa tanker Inggris diminta berhenti tak jauh dari perairan Iran namun kemudian kapal Iran itu mundur setelah kapal penyerang Inggris mendekat dan memberi peringatan keras.

Iran sebelumnya sudah mengancam akan bereaksi atas pembekuan perjalanan kapal tankernya di Gibraltar pekan lalu. Sementara Pentagon menyatakan mereka tetap waspada atas tindak-tanduk Iran.

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Sebagaimana laporan yang didapatkan, lima kapal kecil yang diyakini milik Tentara Revolusi Iran mendekati kapal tanker Inggris saat kapal itu beredar dekat perairan negara-negara Teluk.

Pekan lalu, AL Inggris diketahui memang membantu otoritas Gibraltar menahan sebuah kapal tanker Iran karena dianggap berlayar ke Suriah dan melanggar jalur sanksi yang sudah diberikan termasuk oleh Uni Eropa.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Sebagai balasan, otoritas Iran menegaskan akan menahan tanker Inggris apabila kapal mereka tak dibebaskan. Iran juga memanggu Dubes Inggris di Teheran dan mempertanyakan tindakan yang menurut pihak Iran adalah pembajakan kapal tersebut.

Sementara Rabu kemarin, Presiden Iran Hassan Rouhani mengejek Inggris yang menilai Inggris takut bahwa tankernya akan diganggu sehingga harus menggunakan sokongan AL negara untuk mengamankan dari belakang.

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara pada Sidang Majelis Umum PBB di New York.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Keistimewaan berupa hak veto yang dimiliki oleh lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ini memiliki dampak besar dalam keputusan penting di tingkat internasional.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024