Logo ABC

Seberapa Besar Potensi WNI Puncaki Karier dan Jadi Bos di Australia

Puncak kepemimpinan di banyak perusahaan Australia masih didominasi etnis kulit putih, berdasarkan komisi HAM Australia.
Puncak kepemimpinan di banyak perusahaan Australia masih didominasi etnis kulit putih, berdasarkan komisi HAM Australia.
Sumber :
  • abc

Australia memberikan kesempatan yang luas kepada imigran untuk bekerja sehingga pekerja dari beragam etnis dengan mudah banyak ditemukan di perusahaan. Tapi, masalahnya apakah mereka bisa mencapai tingkat manajerial atau eksekutif?

Kemungkinan etnis Asia jadi bos di Australia 95 persen. Pemimpin eksekutif di Australia memiliki latar belakang etnis Eropa. Orang Asia lebih dianggap sebagai pekerja keras hanya cocok diberikan tugas.

Salah satu warga Indonesia yang sudah bekerja belasan tahun di Australia pernah juga mempertanyakannya, "apakah saya bisa jadi bos?"

Sudah hampir 15 tahun Mahendra yang enggan nama akhirnya disebutkan bekerja di sebuah perusahaan penyedia teknologi bagi industri keuangan yang berpusat di Kota Brisbane, Australia.

Pria asal Surabaya tersebut mengaku jika saat ini dirinya sudah tidak lagi ingin mengejar karier, setelah melihat tertutupnya kemungkinan baginya mencapai puncak karier di perusahaannya.

"Saya tidak mengatakan Australia rasis tapi ada satu faktor yang membuat saya tetap berada di posisi yang sama dalam hampir 8 delapan tahun terakhir," ujarnya kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

Office workers Seringkali warga imigran hanya bisa menduduki posisi pemimpin level pemula dan tidak mengalami peningkatan.