Logo DW

Kanselir Jerman Angela Merkel Kembali Gemetar di Berlin Jadi Sorotan

picture-alliance/dpa/K. Nietfeld
picture-alliance/dpa/K. Nietfeld
Sumber :
  • dw

Kanselir Jerman Angela Merkel tampak limbung di sebuah acara di Berlin pada hari Kamis (27/06) dan terlihat gemetar dan lemas. Ini adalah peristiwa kedua kedua kalinya dalam beberapa pekan terakhir.

Insiden itu terjadi saat upacara perpisahan untuk Menteri Kehakiman Katarina Barley. Dalam video acara tersebut, kanselir terlihat gemetar berdiri di sebelah Presiden Jerman Frank Walter-Steinmeier.

Merkel ditawarkan segelas air, tetapi dia menolaknya. Wartawan juga mengatakan dia tampak baik-baik saja ketika 30 menit kemudian tiba di parlemen Jerman, Bundestag.

Juru bicara Merkel mengatakan kepada wartawan bahwa kanselir akan terus mengambil bagian dalam acara pelantikan menteri kehakiman baru Jerman, Christine Lambrecht. Merkel kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Jepang untuk pertemuan G20 akhir pekan ini. "Semuanya berjalan sesuai rencana. Kanselir baik-baik saja," kata Juru Bicara Pemerintah Steffen Seibert.

Kekhawatiran masalah kesehatan di tengah gelombang panas

Selasa lalu, seluruh tubuh Angela Merkel terlihat bergetar ketika dia berdiri di luar bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, sehingga memicu kekhawatiran publik tentang kesehatannya.

Kanselir Jerman itu kemudian mengatakan bahwa dia hanya lupa minum cukup air selama cuaca panas saat itu, tetapi dia merasa lebih baik setelah meminum tiga gelas air. Jerman dan Eropa saat ini sedang mengalami gelombang panas.