Logo BBC

Kisah Para Ibu yang Membunuh Anak Mereka Sendiri

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Beberapa puluh perempuan dihukum setiap tahun karena membunuh anak-anak mereka sendiri. Mereka terdiri dari ibu rumah tangga hingga manajer perusahaan sukses.

Masalah ini bukan hanya di Rusia. Di Amerika Serikat, para psikolog memperkirakan 1 dari 4 perempuan punya pikiran untuk membunuh bayi mereka sendiri.

Di bawah ini adalah kisah-kisah depresi pasca-kelahiran yang kerap luput dari diagnosa, atau terlambat ditangani. Bahkan orang-orang terdekat mereka tak bisa paham, hingga kisah mereka berakhir tragis.

Olesya Gerasimenko dan Svetlana Reiter dari BBC Rusia mencari tahu mengapa para ibu ini membunuh bayi mereka.


- BBC

Alyona

Alyona adalah seorang ekonom yang menikah dengan Pyotr. Pernikahan mereka berbahagia dan keduanya akan segera punya bayi.

Pasangan ini belanja baju dan kereta bayi. Alyona juga mengikuti kelas-kelas persiapan kelahiran. Namun tak ada yang menyebut-nyebut masalah psikologis yang bisa diderita seorang yang baru menjadi ibu.

Setelah bayinya lahir, Alyona jadi insomnia. Ternyata ia pernah punya masalah kesehatan mental di masa lalu, dan psikater memberinya obat. Ini sedikit menolong Alyona.

Satu hari Pyotr pulang ke rumah menemukan bayi mereka yang berumur 7 bulan mati tenggelam di bak mandi. Ia mencari-cari Alyona dan menemukannya berada di tepi danau di pinggiran kota Moskow.

Sesudah menenggelamkan di bayi di kamar mandi, Alyona minum sebotol vodka dan berniat menenggelamkan diri sendiri, tapi keburu kehilangan kesadaran.