Logo BBC

Raja Kartel Narkoba Meksiko El Chapo Dipenjara Seumur Hidup

Raja narkoba Meksiko paling kejam, Joaquín 'El Chapo' Guzmán.-Reuters
Raja narkoba Meksiko paling kejam, Joaquín 'El Chapo' Guzmán.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Pengadilan di New York memutuskan raja narkoba Meksiko paling kejam, Joaquín 'El Chapo' Guzmán, bersalah melakukan penyelundupan berton-ton obat terlarang ke Amerika Serikat.

Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan tambahan hukuman 30 tahun penjara.

Dia adalah mantan kepala kartel Sinaloa, yang menurut para pejabat adalah pemasok obat-obatan terbesar ke AS.

Dalam sidang yang digelar Rabu (17/07) di Brooklyn, jaksa mengatakan Guzmán, yang disebut-sebut sebagai pemasok obat-obatan terbesar ke AS, akan menjalani hukuman di rumah tahanan Colorado dengan pengamanan maksimum.

Guzmán, yang berusia 62 tahun, dinyatakan bersalah atas 10 dakwaan, termasuk perdagangan narkoba dan pencucian uang, oleh pengadilan federal di New York.

Dia melarikan diri dari penjara Meksiko melalui sebuah terowongan pada 2015, tetapi kemudian ditangkap. Dia diekstradisi ke AS pada tahun 2017.

Berbicara melalui seorang penerjemah tepat sebelum vonis dijatuhkan, Guzmán mengatakan di ruang sidang Brooklyn, bahwa penahannnya di AS sama dengan "penyiksaan" dan mengatakan mendapat persidangan yang tidak adil.

Saat diadili selama sebelas pekan, terungkap tindakan brutal yang ia lakukan.

Seorang saksi mengatakan, Guzmán pernah mengubur seorang pria hidup-hidup dan ia memiliki kamar yang khusus dipakai untuk membunuh di salah satu tempat persembunyiannya.