Angkatan Laut AS Tembak Jatuh Drone Iran di Selat Hormuz

Peta Iran
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Amerika Serikat menembak jatuh pesawat tanpa awak atau drone Iran di Selat Hormuz. Presiden AS Donald Trump menyatakan Angkatan Laut AS yang menembak jatuh drone Iran tersebut.

UK Government Wants Flying Taxi to Launch in 2026

Dikutip dari laman BBC, Trump mengatakan kapal amfibi USS Boxer mengambil tindakan yang tepat dan defensif pada Kamis kemarin setelah drone datang mendekati kapal itu sekitar 9000 yard atau sudah di jarak 914 meter dari kapal milik AS.

Sementara Iran mengatakan tak merasa kehilangan dronenya. Pada Juni lalu, Iran sendiri menembak jauh drone milik AS di area yang sama.

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Lebih awal pada hari Minggu lalu, Iran mengatakan sudah menahan tanker asing dan 12 kru karena dianggap datang mengendap-endap di perairan mereka. Iran disalahkan AS atas serangan terhadap tanker sejak Mei lalu namun Iran membantah melakukan berbagai sabotase atas tanker asing.

Insiden demi insiden yang terjadi di perairan itu telah memicu kekhawatiran akan pecahnya konflik di wilayah tersebut.

Prajurit TNI Pasukan Perdamaian di Lebanon Masih Waspadai Bom sampai Serangan Drone

Sementara berbicara di Gedung Putih, Donald Trump mengatakan,"Kapal Boxer kita melakukan tindakan defensif melawan drone Iran yang datang mendekat dan mengabaikan berbagai peringatan yang sudah dikeluarkan. Drone itu membahayakan kapal dan krunya sehingga harus segera dihancurkan".

Selain itu Washington juga mengingatkan agar Iran segera membebaskan tanker asing yang disebut ditahan otoritas wilayah Iran sejak hari Minggu. (ren)

VIVA Militer: Tentara Israel geruduk Rumah Sakit al-Shifa Gaza

Ngeri, Viral Video Israel Rudal 4 Pemuda Palestina Tak Bersenjata

Sebuah pesawat nirawak (drone) militer Israel menyerang dan menyebabkan kematian empat warga sipil Palestina dengan menggunakan rudal di daerah Al-Sekka di Jalur Gaza

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024