Jokowi Resmikan Gedung Baru ASEAN

Jokowi beri sambutan di peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Baru Sekretariat ASEAN di Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan, Kamis 8 Agustus 2019. Peresmian juga sebagai perayaan hari ulang tahun ke-52 ASEAN.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Dalam sambutannya, Jokowi menceritakan kalau dia juga ikut dalam sejarah berdirinya gedung yang terletak di sebelah gedung sekretariat yang lama itu. 

"Memang sejak awal saya memiliki keterkaitan pribadi dengan pembangunan gedung ini. Oleh karena itu saya selalu pantau pembangunan dan saya sadar gedung ini diperlukan ASEAN untuk menunjang visinya ke depan," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Keterlibatan Jokowi itu saat ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi menjadi Gubernur dengan wakilnya Basuki Tjahja Purnama pada periode 2012-2017. 

Sebelum akhirnya dilantik sebagai Presiden RI 2014 lalu, Jokowi mengatakan aktif ikut mencarikan lokasi gedung baru Asean. Gedung yang diresmikan ini dahulunya adalah bekas gedung wali kota Jakarta Selatan. 

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Tujuh tahun lalu saat saya masih menjabat Gubernur DKI Jakarta saya masih ingat saya lama berdiskusi dengan Wakil Sekjen ASEAN dan topik bahasannya adalah mengenai penggunaan gedung lama Wali Kota Jakarta Selatan untuk perluasan gedung sekretariat ASEAN," ujarnya. 

Pada usia 52 tahun, ASEAN menurut Jokowi sudah banyak berperan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. 

"Pada Juni 2019 para pemimpin Asean telah mengadopsi Asean Outlook Indo Pacific. Outlook ini pegangan dan sikap Asean dalam menjawab dinamika di kawasan Indo-Pacific," kata dia. 

Indonesia karena itu terus berusaha memfasilitasi ASEAN agar bergerak cepat, solid dan bekerja secara efisien. Maka gedung baru ini, diharapkan bisa mendorong keinginan itu. 

"Gedung baru ini mencerminkan spirit baru ASEAN dan saya harap sebagian besar kegiatan ASEAN bisa dilakukan di gedung ini. Hal ini akan kurangi uang perjalanan. Uang perjalanan bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat lainnya," kata Kepala Negara. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya