Menlu Retno Jelaskan Filosofi Gedung Baru ASEAN

Menlu Retno Marsudi di Gedung Baru ASEAN
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – ASEAN kini punya gedung sekretariat baru. Terletak di Jakarta Selatan, gedung ini dianggap menjadi representasi capaian ASEAN yang telah diraih bersama dan simbol organisasi di kawasan yang terus beradaptasi dengan lanskap yang dinamis.

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang dihadiri Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai.

Dalam sambutannya, Menlu Retno mengatakan, konsep gedung baru Sekretariat ASEAN adalah dialog. Karena dialog bak ‘DNA’ dan merupakan budaya dalam organisasi ASEAN. 

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

"Jadi kalau kita lihat dari konsep gedung lama dengan gedung baru, itu terlihat perbedaannya. Kemudian di antara dua gedung juga dihubungkan dengan jembatan penghubung. Itu semua filosofinya adalah dialog karena ini adalah kekuatan dan kultur ASEAN," kata Retno di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Kamis 8 Agustus 2019. 

Selain itu, Retno mengatakan, gedung baru Sekretariat ASEAN tidak hanya modern tetapi juga mengusung konsep green building, di mana suhu udara di dalam gedung diatur temperatur 25 derajat Celsius.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

Dibangun di atas lahan seluas 11.369 meter persegi dengan luas bangunan 49.993 meter persegi, gedung baru Sekretariat ASEAN memiliki dua tower, masing-masing setinggi 16 lantai. Konstruksi gedung tersebut juga dirancang tahan gempa.

"Gedung ini juga dilengkapi dengan 30 ruang rapat, sehingga diharapkan mampu mengakomodasi berbagai pertemuan ASEAN agar lebih efisien di masa depan. Masing-masing negara anggota juga disediakan ruangan tersendiri di gedung ini," ujar Retno.

Diharapkan gedung baru ASEAN tidak hanya berwujud bangunan fisik, tetapi juga menjadi sumber energi dan inspirasi bagi kerja ASEAN untuk masa mendatang.
 
Peresmian gedung baru ini dihadiri juga oleh beberapa menteri Kabinet Kerja, gubernur DKI Jakarta, wali kota Jakarta Selatan, duta besar/wakil tetap negara anggota ASEAN, duta besar Mitra Wicara ASEAN, perwakilan organisasi internasional, dan kementerian/lembaga terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya