Pernah Jadi Lumbung Pangan, 5 Juta Penduduk Zimbabwe Kini Krisis
Pernah Jadi Lumbung Pangan, 5 Juta Penduduk Zimbabwe Kini Krisis
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.9
Jumat, 9 Agustus 2019 | 05:36 WIB

Pernah Jadi Lumbung Pangan, 5 Juta Penduduk Zimbabwe Kini Krisis

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2019/08/09/5d4c9f34c8460-zimbabwe-pernah-jadi-lumbung-pangan-kini-lima-juta-penduduknya-hadapi-krisis-pangan-kata-pbb_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

Gagal panen menyebabkan banyak rakyat Zimbabwe mengalami kesulitan pangan. - Getty Images

Lebih dari lima juta penduduk Zimbabwe - sekitar sepertiga dari 16 juta total penduduk - memerlukan bantuan pangan dan sebagian berada di ambang kelaparan, kata PBB.

Fakta tersebut disampaikan oleh Program Pangan Dunia (WFP), badan PBB yang membawahi urusan pangan, ketika meluncurkan acara penggalangan dana sebesar US$331 juta untuk Zimbabwe.

Negara yang terletak di benua Afrika bagian selatan ini sedang berusaha mengatasi dampak buruk dari kekeringan, siklon dan krisis ekonomi.

Direktur Eksekutif WFP, David Beasley mengatakan dari angka lebih dari lima juta warga yang memerlukan bantuan pangan itu, 2,5 juta di antaranya " berada dalam kondisi krisis darurat".

"Kita membicarakan orang-orang yang benar-benar beramai-ramai menuju kelaparan jika kita tidak membantu mereka," tegas Beasley pada Rabu (07/08).

"Kita mengalami kekeringan luar biasa yang tidak pernah kita alami dalam kurun waktu yang lama."


Air di waduk pembangkit listrik Kariba berkurang akibat kekeringan sehingga perusahaan listrik Zimbabwe melakukan pemadaman bergilir. - Getty Images

Saksikan Juga

Pemilu Presiden Zimbabwe Rusuh

TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu
loading...