Logo BBC

Dideportasi Pemerintahan Trump, Pria Yunani Meninggal Dunia

Jimmy Aldaoud, yang berasal dari Irak, datang ke AS bersama keluarganya saat ia masih kecil.-EDWARD BAJOKA
Jimmy Aldaoud, yang berasal dari Irak, datang ke AS bersama keluarganya saat ia masih kecil.-EDWARD BAJOKA
Sumber :
  • bbc

Seorang pria yang pindah ke Amerika Serikat sejak masih kanak-kanak dan tinggal di Detroit meninggal dunia pada Selasa lalu setelah dideportasi ke Irak, ungkap pengacaranya kepada BBC.

Jimmy Aldaoud, 41 tahun, tidak mampu membeli insulin untuk mengobati diabetes yang dideritanya, ujar pengacara imigrasi Edward Bajoka.

Aldaoud sendiri belum pernah ke Irak dan tidak bisa berbahasa Arab. Ia dideportasi Juni lalu sebagai bagian dari upaya pemerintah AS mereduksi imigran Irak yang dituduh melakukan tindakan kriminal.

Bajoka mengatakan bahwa kliennya dihukum atas perilakunya yang mengganggu dan tindak pencurian.

Badan Penegakkan Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) AS menyatakan bahwa selama dua dekade terakhir, Aldaoud telah menerima 20 vonis hukum, termasuk penyerangan dengan senjata berbahaya, kekerasan dalam rumah tangga, hingga penerobosan rumah.

Lembaga itu mengatakan bahwa ia telah melarikan diri dari program pengawasan tanpa penahanan ICE dan tetap bebas selama sekitar empat bulan, sebelum ia kemudian ditangkap atas dugaan pencurian. Mereka juga mengatakan bahwa ia "dipasok kebutuhan obat-obatan secara lengkap untuk memastikan keberlanjutan perawatannya" ketika ia dideportasi.

Aldaoud lahir di Yunani dan pindah ke AS saat masih kecil bersama keluarganya, ungkap Bajoka.