Idul Adha, Polisi Israel dan Warga Palestina Bentrok di Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Polisi Israel dengan warga Palestina bentrok di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem pagi waktu setempat. Gas air mata, peluru karet hingga granat suara ditembakkan Polisi Israel ke ribuan warga Palestina yang berkumpul usai Salat Id. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Dilansir dari kantor berita Aljazeera, Minggu 11 Agustus 2019, bentrok dipicu pengumuman Polisi Israel yang mengizinkan warga Yahudi masuk lebih banyak ke kompleks masjid tersebut. Perayaan Idul Adha tahun ini bertepatan dengan hari libur Yahudi yaitu Tisha B'Av. 

Mendengar kabar itu, warga Palestina pun berkumpul di gerbang kompleks Masjid Al-Aqsa dan tak mengizinkan pengunjung Yahudi masuk.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

"Gerbang itu dibuka, tetapi tidak ada non-Muslim diizinkan masuk. Kemudian kami melihat pasukan keamanan bergerak untuk membersihkan kebuntuan itu," kata Jurnalis Al Jazeera Harry Fawcett yang menyampaikan laporan langsung dari Yerusalem. 

"Saat itulah kami melihat polisi menggunakan peluru karet, gas air mata dan granat suara," katanya. Menurutnya, ada sekitar 14 orang terluka atas insiden tersebut. 

Danone Tidak Termasuk! Ini Daftar Perusahaan Pendukung Israel Menurut PBB
VIVA Militer: Juru Bicara Hamas Palestina, Abu Ubaida (Abu Obeida)

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sikap Hamas tiba-tiba melunak dengan bersedia meletakkan senjata dengan imbalan solusi dua negara Israel dan Palestina dengan perbatasan sebelum tahun 1967.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024