Canberra Jadi Salah Satu Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia
Canberra Jadi Salah Satu Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-abc.jpg?v=8.7.10
Senin, 12 Agustus 2019 | 13:12 WIB

Canberra Jadi Salah Satu Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2019/08/12/5d51027d1530d-canberra-jadi-salah-satu-inspirasi-ibukota-baru-indonesia_663_382.jpg
Photo :
  • abc

Akankah wilayah terpencil di Kalimantan ini menjadi ibukota baru Indonesia?

Presiden Indonesia Joko Widodo bertekad mewujudkan rencana memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan yang dinilai para pengeritik hanya akan mengulangi "bencana" Jakarta. Benarkah akan berlokasi di sekitar kawasan Bukit Suharto di Kaltim?

Lokasi ibukota baru RI:

  • Kalimantan Timur kemungkinan akan dipilih menjadi ibu kota baru RI
  • Pemerintah RI berencana memindahkan ibu kota karena rumitnya persoalan di Jakarta
  • Persoalan polusi di Jakarta semakin parah, belum lagi rawan gempa, banjir dan macet

Kawasan ibu kota dan sekitarnya saat ini, merupakan metropolitan yang dihuni sekitar 30 juta jiwa, sangat tercemar, macet, dan rentan terhadap banjir dan rawan gempa bumi.

Banyak bagian kota ini yang mengalami penurunan tanah dengan tingkat mengkhawatirkan dan diperkirakan akan menghadapi kekurangan air yang serius pada tahun 2040.

Dalam dua pekan terakhir, Jakarta juga menghadapi krisis polusi udara, pemadaman listrik berkepanjangan serta gempa bumi.

A little girl stands on train tracks near slums with skyscrapers in the background
Jakarta memiliki persoalan infrasturktur, polusi, banjir, macet dan rawan gempa.

Reuters: Beawiharta

Sementara itu di Pulau Kalimantan, yang dirujuk sebagai lokasi baru, dijanjikan oleh Pemerintahan Jokowi untuk dijadikan ibu kota baru yang smart, hijau, indah dan berkelanjutan. Secara geologis pulau tersebut stabil dan relatif belum terjamah.

Namun para pegiat lingkungan mengingatkan bahwa Kalimantan memiliki habitat hutan yang penting bagi orangutan dan spesies langka lainnya di dunia.

"Daerah ini merupakan kawasan konservasi untuk rehabilitasi hewan seperti beruang madu," ujar Direktur Walhi Kaltim Yohana Tiko kepada ABC.

Dia khawatir pembangunan ibukota baru dari awal akan semakin menghancurkan jalur air, yang saat ini sudah tercemar oleh aktivitas tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit. Banyak di antara aktivitas ini berlangsung secara ilegal.

A young woman sits cross legged on a bridge near a road
Pegiat lingkungan Yohana Tiko khawatir pemindahan ibukota ke Kalimantan pasti akan merusak keindahan alamiah pulau tersebut.

ABC News: Phil Hemingway

 

"Ketika pengelolaan air terganggu, maka akan terjadi banjir selama musim hujan dan kekeringan saat musim kemarau. Juga akan terjadi tanah longsor," kata Yohana.

"Kami tidak menghendaki ibukota baru itu hanya akan memindahkan masalah dan bencana Jakarta ke Kalimantan Timur," tegasya.

Terinspirasi oleh Canberra?

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, proyek ibukota baru diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp 466 triliun, sebagian besar diharapkan didanai investasi swasta.

Dia menjelaskan, tahap pembangunan akan dimulai pada tahun 2021, dan pemindahan pertama ke lokasi baru akan dimulai tahun 2024, yang sekaligus jadi akhir masa jabatan Presiden Jokowi.

"Presiden ingin menggunakan seluruh masa jabatan keduanya untuk merealisasikan gagasan ini," kata Menteri Bambang kepada ABC.

Perencanaan ibukota baru ini, tampaknya akan mengambil contoh ibukota Australia terutama untuk desain kotanya.

"Kami ingin mencontoh ibukota Anda, Canberra, sebagai salah satu rujukan. Banyak orang memuji Canberra dalam hal desain kotanya," kata Menteri Bambang Brodjonegoro.

Dia menambahkan, dengan pindahnya ibukota, otomatis kantor-kantor kedutaan an perwakilnan negara sahabat akan dipindahkan juga.

Bagi Australia, hal itu tentunya akan menimbulkan masalah karena kompleks Kedubesnya di Jakarta senilai 415 juta dolar atau Rp 4,5 triliun baru saja diresmikan tahun 2016.

Kompleks Kedubes Australia di Jakarta merupakan yang terbesar yang pernah dibangun Australia di negara lain.

Saksikan Juga

Masih Kebakaran Hutan, Australia Dilanda Banjir Bandang

TVONE NEWS - 6 bulan lalu
loading...