Logo ABC

Canberra Jadi Salah Satu Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia

Akankah wilayah terpencil di Kalimantan ini menjadi ibukota baru Indonesia?
Akankah wilayah terpencil di Kalimantan ini menjadi ibukota baru Indonesia?
Sumber :
  • abc

Presiden Indonesia Joko Widodo bertekad mewujudkan rencana memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan yang dinilai para pengeritik hanya akan mengulangi "bencana" Jakarta. Benarkah akan berlokasi di sekitar kawasan Bukit Suharto di Kaltim?

Lokasi ibukota baru RI:

  • Kalimantan Timur kemungkinan akan dipilih menjadi ibu kota baru RI
  • Pemerintah RI berencana memindahkan ibu kota karena rumitnya persoalan di Jakarta
  • Persoalan polusi di Jakarta semakin parah, belum lagi rawan gempa, banjir dan macet

Kawasan ibu kota dan sekitarnya saat ini, merupakan metropolitan yang dihuni sekitar 30 juta jiwa, sangat tercemar, macet, dan rentan terhadap banjir dan rawan gempa bumi.

Banyak bagian kota ini yang mengalami penurunan tanah dengan tingkat mengkhawatirkan dan diperkirakan akan menghadapi kekurangan air yang serius pada tahun 2040.

Dalam dua pekan terakhir, Jakarta juga menghadapi krisis polusi udara, pemadaman listrik berkepanjangan serta gempa bumi.

A little girl stands on train tracks near slums with skyscrapers in the background
Jakarta memiliki persoalan infrasturktur, polusi, banjir, macet dan rawan gempa.

Reuters: Beawiharta

Sementara itu di Pulau Kalimantan, yang dirujuk sebagai lokasi baru, dijanjikan oleh Pemerintahan Jokowi untuk dijadikan ibu kota baru yang smart, hijau, indah dan berkelanjutan. Secara geologis pulau tersebut stabil dan relatif belum terjamah.

Namun para pegiat lingkungan mengingatkan bahwa Kalimantan memiliki habitat hutan yang penting bagi orangutan dan spesies langka lainnya di dunia.

"Daerah ini merupakan kawasan konservasi untuk rehabilitasi hewan seperti beruang madu," ujar Direktur Walhi Kaltim Yohana Tiko kepada ABC.

Dia khawatir pembangunan ibukota baru dari awal akan semakin menghancurkan jalur air, yang saat ini sudah tercemar oleh aktivitas tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit. Banyak di antara aktivitas ini berlangsung secara ilegal.