Logo BBC

Badan Antariksa Brasil Sebut Kebakaran Hutan di Amazon Capai Rekor

Inpe mengatakan telah mendeteksi lebih dari 72.000 kebakaran sejauh ini pada tahun 2019. - Reuters
Inpe mengatakan telah mendeteksi lebih dari 72.000 kebakaran sejauh ini pada tahun 2019. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Jumlah kebakaran di hutan hujan Amazon telah mencapai rekor pada tahun ini, menurut data terbaru dari badan riset antariksa Brasil.

Institut Nasional untuk Riset Antariksa (Inpe) mengatakan data satelitnya menunjukkan insiden kebakaran hutan meningkat 83% dibandingkan jumlah dalam periode yang sama pada 2018.

Temuan ini diungkapkan beberapa pekan setelah Presiden Jair Bolsonaro memecat kepala badan tersebut terkait data deforestasi.

Asap dari api menyebabkan langit gelap di kota Sao Paolo pada Senin kemarin (21/08).

Kegelapan pada siang hari itu, yang berlangsung selama sekitar satu jam, terjadi setelah angin kuat membawa asap dari kebakaran hutan di negara bagian Amazonas dan Rondonia, yang berjarak lebih dari 2.700km dari Sao Paolo.

Para konservasionis menyalahkan Bolsonaro, mengatakan bahwa sang presiden telah mendorong para penebang kayu dan petani untuk membuka lahan.


Sejumlah pakar meteorologi mengatakan gabungan awan berat dan asap dari kebakaran hutan menimbulkan kegelapan di Sao Paulo. Pada 19 Agustus, matahari tenggelam diperkirakan pukul 17.51 di kota tersebut, namun kegelapan terjadi dua jam sebelumnya. - Jorge Araujo/FotosPublicas