Logo ABC

Miris, Wanita di India Kian Banyak Jadi Korban Serangan Asam Cuka

Reshma Qureshi berusia 17 tahun ketika kakak iparnya melemparkan asam cuka ke wajahnya.
Reshma Qureshi berusia 17 tahun ketika kakak iparnya melemparkan asam cuka ke wajahnya.
Sumber :
  • abc

Semakin banyak perempuan di India yang menjadi sasaran korban kekerasan serangan asam cuka yang menyebabkan muka mereka rusak parah.

Salah seorangnya adalah Reshma Qureshi yang berusia 17 tahun ketika dia berjalan kaki hendak mengikuti ujian di sekolahnya di saat sekelompok pria melemparkan asam cuka ke mukanya. Suami dari kakak perempuan dan dua sanak famili tersebut yang melakukan serangan.

"Saya ketika itu belum pernah mendengar adanya serangan asam cuka," kata Qureshi yang sekarang berusia 23 tahun.

"Saya baru tahu banyaknya korban serangan asam cuka di India setelah saya diserang."

Setelah kejadian itu, Qureshi tidak mau menyembunyikan mukanya di depan umum, hal yang banyak dilakukan korban lainnya di India. Qureshi malah menjadi pegiat bagi para korban lainnya untuk mendapat keadilan.

Qureshi juga membuat vlog kecantikan, mengajar para penyintas bagaimana bersolek di wajah mereka yang rusak, dan juga melakukan aktivitas untuk meningkatkan kesadaran umum akan serangan asam cuka tersebut.

Dia diundang untuk menjadi model di Peragaan Fesyen New York di tahun 2016 dan sudah menerbitkan satu buku menceritakan pengalamannya. Meski sudah berkecimpung di banyak hal, di antaranya dunia fesyen, Qureshi sampai sekarang belum melakukan satu hal yang betul-betul dikehendakinya: memiliki pekerjaan tetap.