Logo BBC

Serangan 11 September, AS Mau Ungkap Keterlibatan Pejabat Arab Saudi

Nearly 3,000 people were killed in the 9/11 attacks - Getty Images.
Nearly 3,000 people were killed in the 9/11 attacks - Getty Images.
Sumber :
  • bbc

Kementerian Kehakiman Amerika Serikat mengatakan mereka akan mengungkapkan nama orang yang memegang peran kunci dalam serangan 11 September 2001 (9/11).

Informasi ini akan diberikan kepada pengacara yang mewakili keluarga korban yang menuntut pemerintah Arab Saudi dengan tuduhan terlibat di dalam serangan yang memakan korban 3.000 orang ini.

Tidak jelas apakah identitas orang ini akan diumumkan kepada publik. Dari 19 orang anggota Al-Qaeda yang melakukan serangan 11 September, 15 di antaranya adalah warga negara Arab Saudi.

Pada 2004, Komisi 9/11 yang dibentuk Kongres AS tak menemukan bukti bahwa pemerintah Arab Saudi mendanai Al-Qaeda.

Namun, sebuah laporan Biro Investigasi Federal (FBI) AS pada 2012 menyatakan mereka menyelidiki dua warga Saudi, Fahad al-Thumairy dan Omar Ahmed al-Bayoumi, yang diduga membantu pelaku penyerangan 9/11.

Menurut surat kabar Washington Post, Fahad al-Thumairy adalah mantan pejabat konsulat Arab Saudi sementara Omar al-Bayoumi pernah diselidiki atas dugaan sebagai mata-mata Arab Saudi.

Laporan FBI, yang baru saja diumumkan dengan bagian-bagian yang dihilangkan, juga menyebut adanya orang ketiga. Namun nama orang ini dihitamkan.