Pusat Minyak Terbesar Dunia Saudi Aramco Meledak Hebat Diserang Drone

Saudi Aramco.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Pusat minyak terbesar dunia meledak hebat. Kilang milik Pemerintah Arab Saudi bernama Saudi Aramco itu terbakar Sabtu siang 14 September 2019.

Rentetan Insiden Kilang Minyak Meledak, Dirut Pertamina Beberkan 4 Penyebabnya

Saudi Aramco meledak setelah diserang kelompok militan  Houthi Yaman dengan menggunakan drone. Ada dua fasilitas pengolahan minyak yang diserang dengan pesawat tanpa awak itu, yakni fasilitas Abqaiq dan Khura.

"Pada pukul 4.00 pagi (01:00 GMT) tim keamanan industri Aramco mulai menangani kebakaran di dua fasilitasnya di Abqaiq dan Khura sebagai akibat dari drone," kata Juru bicara Kementerian Dalam Negeri kepada Aljazeera.

Pipa Depo BBM Meledak, Rofik Sampaikan Belasungkawa dan Desak Benahi SOP Pengamanan

Kobaran api sangat besar terlihat menutup langit sekitar lokasi kilang. Asap hitam membubung tinggi ke angkasa.

Sementara itu, juru bicara milisi Houthi Yaman, Yahya Saree menyebutkan, kilang minyak itu diledakkan dengan mengerahkan 10 drone.

Depo Plumpang Kebakaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Tetap Aman

"Serangan-serangan ini adalah hak kami, dan kami memperingatkan Saudi bahwa target kami akan terus meluas," kata Yahya.

Saudi Aramco menggambarkan fasilitas pemrosesan minyak Abqaiq di Buqyaq, sekitar 205 mil timur laut dari ibukota Saudi, Riyadh, sebagai pabrik stabilisasi minyak mentah terbesar di dunia.

Fasilitas ini mengolah minyak mentah menjadi minyak mentah manis, kemudian diangkut ke titik transshipment di Teluk Persia dan Laut Merah. Diperkirakan mereka dapat memproses hingga 7 juta barel minyak mentah per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya