Logo DW

Genjot Wisata, Arab Saudi Izinkan Turis Bukan Muhrim untuk Satu Kamar

picture-alliance/chromorange/Bilderbox
picture-alliance/chromorange/Bilderbox
Sumber :
  • dw

Saat sejumlah hotel di Indonesia menolak menerima pasangan yang belum menikah, Arab Saudi malah membuka pintu lebar-lebar bagi mereka yang datang tanpa ikatan resmi pernikahan. Komisi Pariwisata dan Warisan Sejarah Arab Saudi pekan lalu menerbitkan aturan baru yang membebaskan perempuan dari pasangan muhrim untuk menyewa kamar hotel.

Selain itu perempuan juga diizinkan berbagi kamar dengan pria tanpa harus melampirkan surat menikah. Perempuan juga dibebaskan untuk tidak mengenakan Abaya seperti yang sebelumnya diwajibkan, melainkan hanya harus menutupi bagian dari pundak hingga lutut.

Kelonggaran baru itu diberikan untuk menarik minat wisatawan mancanegara agar berwisata ke Arab Saudi. Aturan ini hanya berlaku untuk warga negara asing. "Semua warga negara Arab Saudi masih akan ditanya surat keterangan menikah ketika menyewa kamar," tulis Komisi Pariwisata pada Jumat (4/10). "Hal ini tidak diperlukan untuk wisatawan asing."

Indonesia belum berhak atas eVisa

Langah tersebut diambil hanya beberapa pekan setelah pemerintah Riyadh untuk pertamakalinya menawarkan visa kunjungan wisata ke Arab Saudi. Nantinya pengunjung dari 49 negara dapat mengajukan permohonan kunjungan secara online. Namun demikian hanya tujuh negara Asia yang berhak atas visa tersebut, yakni Brunei, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Kazakhstan, dan Cina.

Geliat pariwisata kerajaan Al-Saud muncul di tengah "kerapuhan ekonomi", tulis Wall Street Journal beberapa pekan lalu. Riyadh dikabarkan kesulitan menggerakkan sektor non-migas sebagai pondasi baru perekonomian nasional.

Pemerintah bertekad pariwisata akan memicu pertumbuhan lapangan kerja dan menyumbang  Produk Domestik Brutto pada 2030. Saat ini jumlahnya hanya berkisar tiga persen. Nantinya Arab Saudi diharapkan akan lebih mudah diakses warga asing, layaknya Uni Emirat Arab saat ini.