Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Dikasih Jersey Hingga Bertemu Sekjen PBB

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN yang digelar di Bangkok, Thailand sejak tanggal 2 sampai 4 November 2019. Presiden Jokowi ditemani oleh Ibu Negara, Iriana.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju juga turut mendampingi di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Selain menghadiri rangkaian acara KTT, Jokowi juga mengadakan sejumlah pertemuan bilateral seperti bertemu Presiden FIFA dan Sekjen PBB. Di sela-sela kesibukannya, Jokowi sempat ‘memamerkan’ foto-foto kegiatan kenegaraan yang diunggah di akun Twitternya, dikutip pada Senin, 4 November 2019.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Berikut serba-serbi acara Presiden Jokowi saat menghadiri KTT ke-35 ASEAN di Bangkok:

Dikasih jersey nomor 21 dari FIFA

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Presiden Jokowi mengunggah foto pertemuan bilateral dengan Presiden FIFA (International Federation of Football Association) Gianni Infantino di Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok pada Sabtu (2/11) sore.

Dalam pertemuan itu, Jokowi bersama Pemimpin Negara ASEAN dikasih oleh-oleh dari Presiden FIFA berupa jersey warna biru usai acara penandatanganan MoU antara ASEAN dan FIFA.

Pimpinan Negara ASEAN mendapatkan jersey dengan nomor punggung 9 dan 10, tapi Jokowi malah berbeda nomor punggungnya yakni 21. Lalu, Jokowi bertanya kepada netizen apa makna nomor 21 itu?

“Pemimpin negara ASEAN lain mendapatkan jersey bernomor 9 dan 10. Jersey warna biru bernomor punggung 21 dari FIFA untuk Indonesia. Tahukah Anda, mengapa Indonesia mendapatkan nomor 21?,” kata Jokowi.

Kemudian, Jokowi mengucapkan terima kasih atas penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Tentu, Indonesia akan bekerja keras dan menyambut baik.

“Terima kasih atas penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI,” ujarnya.

Bahas Rohingya 

Presiden Jokowi memanfaatkan kegiatan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara, termasuk Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres.

Jokowi tetap konsisten terhadap isu krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar dan Palestina. Sehingga, disinggung isu tersebut ketika bertemu Sekjen PBB Guterres.

”Kami membahas isu krisis kemanusiaan di Rakhine State (Myanmar) dan Palestina, seraya menawarkan kontribusi Indonesia bagi penyelesaian masalah yang tidak mudah itu. #AseanSummit,” ujarnya.

Diskusi situasi ekonomi dunia

Presiden Jokowi di sela KTT ASEAN juga menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund; IMF) Kristalina Georgieva.

“Kami berdiskusi mengenai situasi ekonomi dunia yang mengalami perlambatan. Meski, menurut Kristalina, kondisi ASEAN masih jauh lebih baik. #AseanSummit,” tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya