Mayoritas Kapal Induk Masuk Kandang, Kekuatan Militer AS Berkurang
Senin, 2 Desember 2019 | 08:48 WIB

Mayoritas Kapal Induk Masuk Kandang, Kekuatan Militer AS Berkurang

Enam dari sebelas kapal induk AS masuk kandang.
Kapal induk USS John C Stennis.
Photo :
  • Sputnik International

Kapal induk USS John C Stennis.

VIVA – Setengah kekuatan militer Amerika Serikat (AS) berkurang. Hal ini lantaran enam dari sebelas unit kapal induk bertenaga nuklir AS masuk kandang alias sedang diperbaiki di galangan kapal di Norfolk, Virginia. Sebagian besar kapal induk ini diperkirakan 'puasa' beroperasi sampai dua tahun.

Mengutip situs Sputniknews, Senin, 2 Desember 2019, enam kapal induk AS yang menjalani perbaikan adalah USS Harry S Truman (CVN 75), USS Dwight D Eisenhower (CVN-69), USS John C. Stennis (CVN 74), USS George Washington (CVN 73), USS George HW Bush (CVN 77), dan USS Gerald R Ford (CVN 78).

Berdasarkan laporan dari Angkatan Laut AS, USS Harry S Truman terpaksa balik kandang pada September 2019 karena masalah dengan jaringan listrik.

"Kapal induk Truman berada di jalur pemulihan. Saya pikir para teknisi telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam memecahkan masalah yang sangat unik ini," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut AS, Laksamana Robert Burke.

Ia juga mengatakan, USS Dwight D Eisenhower telah menyelesaikan Fase Dasar dari Rencana Respons Armada yang Dioptimalkan (OFRP). Saat ini sedang melakukan pelatihan rutin.