Fenomena Islamophobia Bikin 8 Menteri Agama Bertemu di Yordania

Fenomena Islamophobia Bikin 8 Menteri Agama Bertemu di Yordania

Sabtu, 14 Desember 2019 | 10:45 WIB
Ada banyak hal yang dibahas termasuk radikalisme dan ektremisme
Menteri agama berkumpul di Yordania
Photo :
  • Istimewa

Menteri agama berkumpul di Yordania

VIVA – Sebanyak delapan negara anggota Badan Eksekutif Konferensi Menteri Agama, Wakaf dan Urusan Islam berkumpul di Amman Yordania. Mereka menggelar sidang putaran ke-12 yang berlangsung pada 12 Desember 2019.

Dalam sambutan pada pembukaan sidang, Wamenag Zainut Tauhid mengingatkan besarnya tantangan yang dihadapi dunia Islam saat ini, baik yang bersifat internal maupun eksternal, antara lain ancaman ekstremisme dan terorisme, serta fenomena islamophobia. Perlu kerjasama yang erat antara negara-negara Islam untuk menghadapi itu semua.

"Indonesia mendukung penuh setiap upaya dan inisiatif untuk mencari solusi bagi semua yang persoalan yang dihadapi, mulai dari persoalan ekstremisme dan radikalisme, pembaruan wacana keagamaan, pengelolaan wakaf, masjid, dan managemen dakwah dalam menghadapi tantangan global," ujar Zainut Tauhid dalam keteranganya di Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.

"Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sangat serius dalam upaya penanggulangan ancaman radikalisme dan ekstremisme serta komitmen meneguhkan moderasi beragama," tambahnya.