Logo BBC

Amerika Serikat Blunder, Jadikan Wakanda sebagai Mitra Dagang

Jubah dari vibranium yang digunakan Black Panther
Jubah dari vibranium yang digunakan Black Panther
Sumber :
  • Youtube

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memasukkan Wakanda sebagai daftar mitra perdagangan bebas mereka - sekalipun negara itu hanya fiktif belaka.

Juru bicara USDA mengatakan Kerajaan Wakanda ditambahkan ke dalam daftar secara tidak sengaja saat ada ujian bagi pegawai USDA.

Bagian pelacakan tarif secara daring memasukkan rincian daftar barang dari kedua negara yang diperdagangkan, termasuk bebek, keledai dan produk dari susu sapi.

Dalam jagat sinema dan komik Marvel, Wakanda adalah negara fiktif di Afrika Timur yang menjadi negara asal dari pahlawan super Black Panther.

Negara fiktif Wakanda ini segera dihapus dari daftar sesudah media AS bertanya tentangnya, sambil bergurau bahwa kedua negara bisa terlibat dalam perang dagang.

Wakanda pertama kali muncul di dalam komik Fantastic Four tahun 1966, dan muncul kembali besar-besaran ke publik sesudah tampil di film Black Panther yang menjadi peraih Piala Oscar tahun lalu dalam kategori ilustrasi musik, rancangan busana dan desain produksi.

Daftar di USDA yang tak lazim ini ditemukan pertama kali oleh Francis Tseng, seorang teknisi perangkat lunak dari New York yang sedang mencari tarif produk pertanian terkait sebuah lamaran beasiswa yang sedang ia lakukan.