Logo ABC

Foto Sebelum dan Sesudah Kebakaran Hebat di Australia, Miris!

Kebakaran terparah dirasakan oleh warga Australia di New South Wales pada akhir Desember 2019 lalu.
Kebakaran terparah dirasakan oleh warga Australia di New South Wales pada akhir Desember 2019 lalu.
Sumber :
  • abc

Musim kebakaran hutan di Australia selalu diprediksikan mengerikan. Tetapi cuaca panas yang telah melanda selama berbulan-bulan di Australia, dan masih akan berlangsung, sudah meninggalkan luka yang membekas bagi negara ini.

Skala kebakaran sangat besar: hampir 11 juta hektar lahan hangus, lebih dari 2.000 rumah hancur, 23 nyawa hilang, dan diperkirakan 1 miliar lebih hewan mati.

Musim kebakaran sudah berlangsung sejak minggu kedua bulan November 2019, tapi situasinya mengerikan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Diskusi pun menyeruak seputar apakah kebakaran ini situasi normal yang baru atau justru sebagai gambaran akan situasi yang jauh lebih buruk di masa depan, akibat perubahan iklim yang cepat.

Tapi, satu hal pasti yang sudah kita ketahui adalah daerah yang terkena dampak membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, untuk pulih.

Lihatlah beberapa kerusakan yang terjadi selama dua minggu terakhir ini di beberapa wilayah di Australia.

Pesisir Selatan New South Wales Quiet shopping street Jalanan Utama Kota Cobargo.

Google Maps

cobargo after 2 Petugas pemadam kebakaran memeriksa lokasi kebakaran di Cobargo, 1 Januari 2020.

AAP: Sean Davey

Wisatawan menyukai kota Cobargo di sebelah selatan New South Wales, yang terkenal dengan jalan utamanya yang kuno dan antik.

Di sepanjang jalan bisa ditemui deretan etalase antik dari abad lalu, yang kini menjadi kedai teh, galeri seni, dan toko barang antik.

Warga yang berjumlah 776 orang itu pun menyukainya.