Logo BBC

Tak Cuma Uighur, China juga `Penjarakan` Muslim Kazakh

Dibantu kelompok hak asasi manusia Atarjut, Muslim Kazakh berkampanye mencari anggota keluarga mereka yang masih hilang. - BBC
Dibantu kelompok hak asasi manusia Atarjut, Muslim Kazakh berkampanye mencari anggota keluarga mereka yang masih hilang. - BBC
Sumber :
  • bbc

Sejak tahun 2017, ribuan etnis Kazakh yang beragama Islam ditahan di kamp `re-edukasi` di China. Orang-orang yang keluar dari kamp tersebut menyatakan mereka mengalami penyiksaan selama di sana.

Kebayakan dari anggota etnis Kazakh ini tinggal di perbatasan dengan China, dan mereka menjadi pelintas batas selama berabad-abad.

Namun belakangan pemerintah China menangkapi para pelintas batas Kazakh ini dan membawa mereka untuk menjalani re-edukasi di berbagai kamp yang ada di Provinsi Xinjiang.

`Sekolah kejuruan`

Para saksi mata yang keluar dari kamp itu menyatakan, di depan `sekolah` tersebut ada tulisan `sekolah kejuruan` dalam bahasa China dan Uyghur.

Pemerintah China menyatakan sekolah-sekolah itu adalah sekolah kejuruan yang ditujukan memberi pelatihan, dan para pelajar masuk ke dalamnya secara sukarela.

Namun seorang Muslim Kazakh bernama Orinbeck yang pernah ditahan di sekolah itu selama empat bulan menceritakan pengalamannya.

"Saya harus mempelajari kebijakan-kebijakan pemerintah China, saya harus belajar bahasa dan sejarah China," katanya.