Logo BBC

Misteri Hilangnya 2 Jurnalis Pengungkap Fakta Tragis COVID-19 di Wuhan

- Youtube
- Youtube
Sumber :
  • bbc

Dua jurnalis warga yang mengungkap "kebenaran" tentang apa yang terjadi di Wuhan, pusat penyebaran virus corona, China, kini tidak diketahui keberadaannya.

Mereka adalah Fang Bin dan Chen Qiushi.

Mereka telah membagikan beberapa video online di sosial media, yang berisi tentang foto dan kisah-kisah dramatis dari dalam kota Wuhan yang kini dikarantina dan terputus dengan wilayah China lain.

Fang dan Chen memutuskan untuk masuk ke Kota Wuhan dan bertekad untuk membagikan informasi tentang kondisi sebenarnya di Wuhan, ibukota Provinsi Hubei kepada dunia.

Ribuan orang telah menonton video laporan mereka dari Wuhan, ibukota Provinsi Hubei.

Tapi kini akun media social Fang dan Chen menjadi sunyi. Para pengikut akun social media Fang dan Chen kini khawatir jika keduanya akan menghilang untuk selamannya.

Siapa Fang Bin?

Fang Bin adalah seorang pengusaha di Wuhan. Ia membagikan video tentang wabah virus corona yang diberi nama Covid-19 untuk "melaporkan situasi aktual di sini", dan berjanji untuk "melakukan yang terbaik" dalam pelaporan.

Dia mengunggah video pertamanya pada tanggal 25 Januari 2020 lalu ke saluran YouTube, yang dilarang di China tetapi dapat diakses melalui jaringan pribadi virtual (VPN).