Logo ABC

Tak Akurat, Sejarah Datangnya Kapten Cook ke Australia Mulai Dikoreksi

Kapten Cook dari Inggris bersama krunya saat mendarat pertama kali di Australia. Apa yang dikatakan saat itu kini dibantah.
Kapten Cook dari Inggris bersama krunya saat mendarat pertama kali di Australia. Apa yang dikatakan saat itu kini dibantah.
Sumber :
  • abc

Kisah pendaratan Kapten James Cook dari Inggris ke Teluk Botany sudah tak asing lagi bagi kebanyakan orang Australia. Tapi warga keturunan Aborigin menyebut adanya kekeliruan dalam kisah tersebut.

Tepat 250 tahun lalu, Kapten Cook bersama kru kapal HMS Endeavour tiba di Australia tanggal 29 April 1770, sore hari. Kisah pendaratan mereka selama ini hanya bersumber dari versi buku harian pelaut-pelaut Inggris di kapal itu.

Mereka menggambarkan saat hendak berlayar ke arah pantai mendapat ancaman dari penduduk asli yang berada di sana.

Sydney Parkinson, seorang seniman yang bekerja di kapal, menulis dalam buku hariannya bahwa penduduk setempat membuat gerakan mengancam dengan tombak sembari berteriak "warra warra wai", seolah menyuruh mereka "pergi dari sini".

Selama ratusan tahun isi buku hariannya itulah yang jadi sumber kisah kontak pertama pelaut Inggris dan orang Aborigin.

Kini para keturunan orang Aborigin mengoreksi hal itu, dengan memberikan perspektif mengenai makna sebenarnya dari teriakan para pejuang Aborign yang menentang para pendatang itu.

A man looking into the distance
Ray Ingrey dari dewan tanah adat aborigin La Perouse.

ABC News: Elana de Bruijne