Logo BBC

Bagaimana Adolf Hitler Meninggal, Misteri di Seputar Jenazahnya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

hitler
Getty Images
Bagaimana pemimpin Nazi ini meninggal masih banyak dipertanyakan

Tanggal 1 Mei 1945 pukul 9.30 malam, Radio Hamburg membuat sebuah pengumuman penting bagi warga Jeman. Pengumuman itu didahului oleh musik karya Richard Wagner, composer favorit pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

"Pemimpin besar kita, Sang Führer, Adolf Hitler, gugur sore ini di pos komando di kantor kanselir di Reich C dalam peperangan untuk Jerman," kata penyiar pukul 10:20 malam.

Pengumuman resmi ini diragukan banyak pihak.

Besoknya Harian New York Times menulis: pemerintahan Nazi dipenuhi dusta, dan pengumuman itu bisa jadi salah satu dusta terbesar mereka. Koresponden koran ini di Jeman melaporkan, “Bekas tahanan politik Jerman yang saya temui tidak percaya informasi itu, Mereka curiga ini tipuan saja”.

Banyak versi kematian Sang Führer (Pemimpin)

pengganti Hitler
Getty Images
Karl Dönitz, diangkat sebagai pengganti Hitler namun kemudian diadili dengan dakwaan kejahatan termasuk kemanusiaan.

Seiring pendudukan Uni Soviet terhadap Berlin berbagai versi soal kematian ini muncul, terkadang saling bertentangan.

Tanggal 3 Mei 1945, Tentara Merah Uni Soviet melaporkan bahwa Hitler dan Menteri Propaganda Joseph Goebbels tewas bunuh diri di bunker pemimpin Nazi di kantor Kementrian Luar Negeri di Berlin.

Di hari yang sama, stasiun radio di Paris mengaku menerima laporan bahwa Hitler terbunuh malam 21 April sesudah bertikai dengan para jenderalnya terkait soal melanjutkan atau menghentikan perang.

Bunker Hitler di Jerman.
Getty Images
Bunker Hitler di Jerman.