Aturan Aneh di Korut, Warga Dilarang Pakai Jeans Hingga Ganja Legal

Aturan Aneh di Korut, Warga Dilarang Pakai Jeans Hingga Ganja Legal

Selasa, 5 Mei 2020 | 06:00 WIB
Juga tidak boleh tertidur dalam rapat.
6 Jenis Celana Jeans Wanita yang Cocok Digunakan Ketika Musim Hujan
Photo :
  • U-Report

6 Jenis Celana Jeans Wanita yang Cocok Digunakan Ketika Musim Hujan

VIVA – Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia sehingga ada begitu banyak hal yang tidak kita ketahui tentang negara itu. Dibentuk tepat setelah Perang Dunia Kedua, sekitar 25 juta orang tinggal di Korea Utara.

Kim Il-sung adalah pemimpin tertinggi pertama negara itu, sampai dia meninggal pada tahun 1994. Kim Jong-un berkuasa sejak tahun 2013, tetapi ada banyak aturan aneh sejak era kejayaan kakeknya yang masih berlaku hingga sekarang.

Berikut aturan aneh di Korea Utara, seperti dilansir Mirror, Selasa 5 Mei 2020.

1. Hukuman Tiga Generasi

Hukum yang paling keras di negara itu yakni 'hukuman tiga generasi', yang berarti jika satu orang melakukan kejahatan dan dimasukkan ke penjara, maka seluruh keluarga juga dapat dimasukkan ke dalam penjara. Aturan ini diyakini telah diperkenalkan pada tahun 1980an, untuk menghilangkan 'musuh'.

2. Akses Internet Sangat Dibatasi

Meski Korea Utara memang memiliki internet, namun hanya kurang dari 1% populasi yang menggunakannya. Hanya para pemimpin politik, mahasiswa universitas elit dan sangat sedikit orang yang bisa mengaksesnya.

Sebaliknya penduduk setempat menggunakan intranet yang disebut 'Kwangmyong'. Ada sekitar 1.000-5.000 situs yang tersedia, tapi warganya tak diizinkan mengakses situs web internasional. Meskipun akses intranet gratis, namun harga komputer di sana rata-rata sama dengan gaji tiga bulan di Korea Utara.

3. Tak Boleh Meninggalkan Korea Utara Tanpa Izin

Siapa pun yang tinggal di Korea Utara yang ingin liburan atau bepergian bersama, memerlukan izin dari pemerintah. Namun hal ini tidak menghentikan upaya orang-orang untuk pergi, dengan tempat perlindungan yang aman terletak di Korea Selatan.

4. Agama dan Larangan Alkitab

Korea Utara mengizinkan kebebasan beragama, meski praktiknya sangat berbeda. Alkitab adalah ilegal, karena kekristenan tidak benar-benar diterima di sana. Bahkan siapa pun yang ditemukan mempraktikkan agama Kristen, bisa ditangkap dan dikirim ke kamp kerja paksa.

Ideologi resmi bangsa adalah Juche, yang memiliki akar Marxisme dan nasionalisme Korea.

5. Ilegal Melakukan Panggilan Telepon Internasional

Korea Utara memiliki layanan telepon seluler yang melayani sekitar tiga juta orang. Namun negara melarang warga melakukan panggilan telepon ke luar negeri. Siapa pun yang tertangkap basah melakukan hal itu, dapat dieksekusi.

6. Berkendara